Anak cerdas istimewa dan bakat istimewa (CIBI) - a special web for a special children
Headlines News :
Home » , , » Anak cerdas istimewa dan bakat istimewa (CIBI)

Anak cerdas istimewa dan bakat istimewa (CIBI)

Written By McDennie on Jumat, 19 Juli 2013 | 04.24


Pengertian anak cerdas istimewa dan bakat istimewa (CIBI)
Ada beberapa pendapat tentang pengertian anak CIBI tersebut diantaranya sebagai berikut :
Menurut Swissing (1985)
Anak cerdas istimewa merupakan satu interaksi diantara tiga sifat dasar manusia yang menyatu ikatan terdiri dari kemampuan umum dengan tingkatnya diatas kemampuan rata-rata (intellegence quotient), komitmen yang tinggi terhadap tugas dan mempunyai kreativitas yang tinggi.  Anak berbakat ialah anak yang memiliki kecakapan dalam mengembangkan gabungan ketiga sifat ini dan mengaplikasikannya ke dalam tindakan yang mempunyai kebermaknaan.
Menurut Linda Silverman
Linda silverman menambahkan bahwa pada anak berbakat di dapat perkembangan yang tidak sinkron, perkembangan yang tidak sinkron yang dimaksud adalah perkembangan intelektual, fisik dan emosi tidak berjalan dengan kecepatan yang sama.  Kemampuan intelektual selalu berkembang lebih cepat.  Cara belajar anak berbakat/ cerdas istimewa adalah melalui proses penglihatan (visual learner), proses berpikirnya berupa gambar.
Menurut Rezulli
Anak cerdas istimewa adalah anak yang memiliki tiga komponen utama yang berada diatas rata-rata teman sebayanya yaitu inteellegence quotient yang tinggi lebih dari/ sama dengan 130, mempunyai task commitment yang tinggi terhadap tugas dan mempunyai daya creativity quotient diatas rata-rata.
Jadai dapat ditarik kesimpulan bahwa, anak cerdas istimewa dan bakat istimewa (CIBI) merupakan anak yang memiliki kemampuan diatas rata-rata yang meliputi kemempuan intelektual yang tinggi, komitmen yang tinggi terhadap tugas dan mempunyai kreativitas yang tinggi serta menunjukkan penonjolan kecakapan khusus yang bidangnya berbeda-beda antara anak yang satu dengan anak yang lainnya.
Share this article :

2 komentar:

  1. assalamualaikum....saya boleh tanya? kalau boleh, anda tau referensi buku tentang anak cerdas istimewa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk buku, belum banyak yang beredar masalah anak-anak berkebutuhan khusus terutama anak CI BI !! kami kebanyakan cuma mendapat modul atau browsing di internet. Maaf baru balas...

      Hapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. a special web for a special children - All Rights Reserved
Template Used by McDennie Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger