Pengertian Statistik dan Statistika - a special web for a special children
Headlines News :
Home » , , , » Pengertian Statistik dan Statistika

Pengertian Statistik dan Statistika

Written By McDennie on Sabtu, 28 Juni 2014 | 18.02


Pengertian Statistik dan Statistika
Statistik adalah kesimpulan fakta berbentuk angka yang disusun dalam bentuk daftar atau tabel yang  menggambarkan suatu persoalan.  Statistik dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil kumpulan fakta mengenai suatu hal, misalnya nilai rata-rata siswa, rata-rata hasil penjualan, persentase keuntungan, ramalan hasil, dan sebagainya.
Untuk memperoleh sekumpulan informasi yang menjelaskan masalah untuk menarik kesimpulan yang benar tentu saja harus melalui beberapa proses, yaitu meliputi proses pengumpulan informasi, pengolahan informasi dan proses penarikan kesimpulan.  Semua ini memerlukan pengetahuan tersendiri yang disebut statistika.
Jadi, statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan data, penarikan kesimpulan dan pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta yang ada.

Penggolongan statistik
Berdasarkan pengertian statistik secara garis besar, metode statistik digolongkan menjadi dua bagian, yaitu :
- Statistik deskriptif (statistik deduktif)
- Statistik inferensial (statistik induktif)
Statistik deskriptif  adalah statistik yang menggambarkan kegiatan berupa pengumpulan data, penyusunan data, pengolahan data, dan penyajian data dalam bentuk tabel, grafik, ataupun diagram agar memberikan gambaran yang teratur, ringkas dan jelas mengenai keadaan atau peristiwa.
Statistik deskriftif terdiri atas :
Pertama, Deskriptif frekuensi yaitu penyusunan data dari nilai terkecil sampai nilai terbesar yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
Kedua, Ukuran pemusatan yang terdiri atas rata-rata hitung, rata-rata letak, rata-rata harmonis dan rata-rata geometris, serta median dan modus.
Ketiga, Ukuran penyebaran yaitu terdiri atas rentangan (rank), simpangan rata-rata, varians dan simpangan baku.
Statistik Inferensial adalah statistik yang berhubungan dengan penarikan kesimpulan yang besifat umum dari data yang telah disusun dan diolah.

Fungsi Statistik
Menurut Budiyuwono (1987), fungsi-fungsi statistik dapat dijelaskan sebagai berikut :
Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu. Tanpa adanya statistik, data menjadi kabur dan tidak jelas.
Contoh :
Beberapa mahasiswa dari seratus mahasiswa yang menempuh ujian ekonomi dinyatakan lulus. Pernyataan tersebut tidak jelas, Agar menjadi jelas, pernyataan tersebut dapat diubah menjadi : Enam puluh orang mahasiswa dari seratus mahasiswa yang menempuh ujian ekonomi dinyatakan lulus.
Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang mudah dimengerti. Data yang kompleks dapat disederhanakan dalam bentuk tabel, grafik maupun diagram atau dalam bentuk lain, seperti rata-rata, persentase atau koefisien-koefisien sehingga mudah dimengerti.
Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan. Dengan menyederhanakan data dalam bentuk rata-rata ataupun persentase suatu kelompok dengan kelompok lainnya dapat dikelompokkan dengan mudah.
Statistik dapat memperluas pengalaman individual. Pengalaman individual sangat terbatas pada apa yang dilihat dan apa yang dapat diteliti, yang merupakan bagian kecil dari tata kehidupansosial seluruhnya. Pengetahuan individual dapat diperluas dengan cara mempelajari kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data penilaian lain.

Sumber : Buku Statistik oleh Drs. Subana, M.Pd;Drs. Moersetyo Rahadi;Sudrajat, S.Pd
Share this article :

1 komentar:

  1. ilmu penfetahuan yang mempelajari cara cara pengumpulan data,penyajian data,pwngolahan data dan penarikan kesimpulan disebut?

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. a special web for a special children - All Rights Reserved
Template Used by McDennie Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger