a special web for a special children
Headlines News :

Slide Informasi

Latest Post

Informasi Sertifikasi Guru Kota Banjarbaru yang Belum Memenuhi Syarat

Written By McDennie on Sabtu, 18 April 2015 | 16.31


Guru merupakan sosok yang penting dalam sebuah sekolah, mereka dapat membentuk karakteristik anak sesuai dengan yang mereka ajarkan. Guru sosok yang harus di Gugu dan Ditiru, menjadi guru juga merupakan pekerjaan yang sulit karena mereka harus menjaga image yang baik bagi anak-anak didiknya, sedikit saja kelakukan mereka salah maka akan dicap sebagai pendidik yang tidak baik.
Sekarang, semua guru patut bersyukur karena mereka mendapatkan tunjangan profesi yang dapat menunjang pembentukan kompetensi yang tinggi lagi dan bisa mengajar anak didik lebih berkualitas.  Jika ingin mendapatkan tunjangan profesi guru ini, haruslah memenuhi beberapa syarat seperti masa kerja yang sudah lama dan memenuhi jam mengajar 24 jam per minggu.  Kevalidan data ini dilakukan melalui aplikasi yang berasal dari kemdikbud yaitu Aplikasi Dapodik (Data Pokok Pendidik), dalam aplikasi ini berisi berbagai informasi yang mewakili keadaan sekolah. Penggunaan aplikasi ini menyeluruh di setiap daerah di Indonesia, begitu juga dengan Kota Banjarbaru.
Berdasarkan data facebook Dapodikdas Kota Banjarbaru, ada beberapa guru yang belum memenuhi syarat sertifikasi ini, per tanggal 18 April 2015 ini.

Keterbatasan dan kebutuhan anak tunanetra dalam pembelajaran

Written By McDennie on Selasa, 19 Agustus 2014 | 23.46


Pengertian Anak tunanetra
Anak berkebutuhan khusus banyak sekali salah satunya adalah tunanetra yaitu anak dengan gangguan penglihatan, jadi anak tunanetra bukan hanya anak yang mengalami kebutaan tapi juga anak yang mengalami keterbatasan dalam penglihatannya seperti juling, low vision/ ketajaman penglihatan yang cukup kurang dll.
Klasifikasi Ketajaman Penglihatan menurut WHO
Visual Impairment
1. 6/6 hingga 6/18 = Normal vision (penglihatan normal).
2. <6/18 hingga >3/60 (kurang dari 6/18 tetapi lebih baik atau sama dengan 3/60) = Low vision (kurang awas).
3. <3/60 = Blind (buta).
Keterbatasan anak yang mengalami hambatan penglihatan yaitu :
Keterbatasan dalam konsep dan pengalaman baru. konsep disini maksudnya adalah anak akan mengalami kesulitan dalam memahami akan sesuatu, terutama sesuatu yang baru. Maka anak perlu diarahkan secara verbalis/ kata-kata secara lisan atau melalui sentuhan namun tidak semuanya harus dilakukan secara sentuhan karena ada beberapa hal yang tidak dapat disentuh karena bisa berbahaya misalkan api.
Keterbatasan dalam berinteraksi dengan lingkungan, hal ini cukup jelas bahwa dengan berkurangnya penglihatan maka menyulitkan kita untuk melakukan pemahaman terhadap terhadap sesuatu yang bersifat visual.
Keterbatasan dalam orientasi mobilitas, dengan adanya hambatan dalam visual akan menyulitkan kita dalam pergerakan pengenalan tempat di sekitar kita.
Yang dibutuhkan anak tunanetra dalam pembelajaran yaitu :
- Pengalaman yang konkrit
- Pengalaman memadukan antara teori dan praktik
- Berbuat dan bekerja dalam belajar (belajar secara praktik langsung)
Media baca Tunanetra
- Tulisan standar (standard print)
- Tulisan yang diperbesar (enlarge print)
- Media Braille
- Media dengar (auditory learning)

450.000 buku BSE telah diunduh

Written By McDennie on Sabtu, 09 Agustus 2014 | 01.06


BANJARMASINPOST.CO.ID - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan 450.000 buku pelajaran sekolah elektronik telah diunduh melalui laman resmi pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
"Sampai dua hari terakhir ini sudah 450 buku yang diunduh," katanya kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu.
Dia juga memastikan bahwa pemerintah telah mengirim cakram digital berisi materi pelajaran ke sekolah dan setiap guru juga telah memiliki buku pegangan untuk mengajar.
Sekolah yang mengalami kesukaran dalam mengunduh buku dari Internet, ia melanjutkan, bisa memfotokopi dari buku pegangan dalam bentuk cakram digital yang dikirim ke sekolah.
Pada Kamis (7/8), Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan Musliar Kasim juga mengatakan bahwa penyaluran buku cetak Kurikulum 2013 baru 70 persen.
"Ada kendala di penyedia sehingga penyalurannya jadi lambat," katanya.
Musliar juga menegaskan bahwa buku-buku tersebut tidak diperkenankan diperjualbelikan.
"Jangan dibeli. Buku-buku tersebut diberikan gratis kepada siswa," tegasnya dan menambahkan pemerintah akan mengawasi penyaluran buku-buku tersebut.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencetak 245 juta eksemplar buku pelajaran untuk dikirim ke seluruh sekolah di Tanah Air.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tidak memperkenankan sekolah memungut sepeserpun biaya untuk buku tersebut karena biaya cetak sudah dimasukkan ke dalam anggaran pendidikan.

Sumber :
- http://banjarmasin.tribunnews.com/2014/08/09/450000-buku-sekolah-elektronik-telah-diunduh
- Antara News

Aplikasi Dapodikdas versi 3.0 Tahun 2014

Written By McDennie on Jumat, 08 Agustus 2014 | 22.52

 
Aplikasi dapodikdas kini telah dapat diunduh disitus resminya. Aplikasi Dapodikdas ini telah mencapai versi 3.0 untuk tahun ajaran 2014-2015. Sebagai Operator Dapodik Sekolah tentu saja kalian sudah tahu apa itu APLIKASI DAPODIKDAS dan bagi yang belum tahu, berikut ini adalah penjelasan mengenai Aplikasi Dapodik secara singkat.
Sistem aplikasi Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) adalah organisasi data untuk mengelola data pokok di lingkungan pendidikan dasar mencakup data sekolah, PTK, peserta didik, rombongan belajar, sarana dan prasarana. Aplikasi ini di operasionalkan untuk masing-masing sekolah. Artinya pengguna dari aplikasi ini adalah pihak sekolah yang telah menunjuk operator sekolah sebagai pelaksana teknis. Aplikasi ini merupakan alat penjaringan data, data yang di inputkan di sekolah langsung terkirim ke pusat.
Sebelum menggunakan aplikasi dapodikdas versi 3.0 ini, haruslah menguninstal versi terdahulu dan mengunduh data prefill yang baru di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final denga menggunakan kode registrasi sekolah yang terdahulu, karena data prefill data yang lama tidak berlaku lagi.
Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengunduh aplikasi dapodikdas 3.0 beserta manual penggunaan dan penginstalan serta formulir (peserta didik, ptk, sekolah, rombel) serta manual validasi pengisian ptk.
Berikut ini adalah beberapa link yang berkaitan dengan aplikasi dapodikdas :
http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id  :  untuk  memeriksa  progress  pengiriman  sekaligus  cek kelengkapan dan kecocokan data di local.
http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final : fasilitas generate prefill “simpan lokal”.
http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id : untuk mendapatkan NISN dari dapodikdas.
http://sdm.data.kemdikbud.go.id : komunitas operator dapodik.
https://www.facebook.com/groups/infopendataan.dikdas : grup facebook resmi dapodikdas.
http://223.27.144.195:8081/ : laman LTD (Lapor Tunjangan Dikdas) atau info PTK.

Tiga Orang Guru Kota Banjarbaru ikuti Lomba Gebyar TIK Tahun 2014

Written By McDennie on Kamis, 07 Agustus 2014 | 19.17


Lomba Gebyar TIK merupakan salah satu lomba yang diselenggarakan pihak BTIKP Kalimantan Selatan secara rutin setiap tahun, adapun yang diperlombakan yaitu Desain Web Sekolah, Lomba Blog Guru dan Media Pembelajaran.  Pada tahun ini Lomba Gebyar TIK/ Lomba Blog Guru Tahun 2014 pada Kota Banjarbaru diwakili oleh tiga orang guru saja yaitu Rudiansyah, S.Pd (SDN Banjarbaru Utara 4), Denny Martha, S.Pd (SDN Bangkal 3) dan Supriyono, S.Pd.I (SDN Bangkal 3).
Semua peserta berjumlah 20 orang dari berbagai daerah di Propinsi Kalimantan Selatan, yang nantinya akan dilaksanakan babak semifinal dan final pada tanggal 13 s.d 14 Agustus 2014 bertempat di LPMP Propinsi Kalimantan Selatan (Jalan Gotong Royong No. 85 Rt 02 Rw IV, Kota Banjarbaru,...Dekat PGSD Kota Banjarbaru), Check in pada pukul 09.00 wita s.d 14.30 wita.

Adapun syarat yang perlu dibawa pada lomba tersebut yaitu :
- Surat Tugas
- Membawa pasfoto ukuran 3 x4 = 1 lembar
- Modem
- Hasil karya lomba

Demikian informasi tentang Lomba Blog Guru Tahun 2014, sampai bertemu di LPMP Propinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarbaru tanggal 13 Agustus 2014.
Salam Spesial, semoga kita menjadi Guru yang SUPEEEEERRR!!

Jika Pelajarannya Dihapus, Guru Bahasa`Inggris Kerja Apa??!!

Written By McDennie on Sabtu, 28 Juni 2014 | 18.33


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dampak rencana penghapusan bahasa Inggris di sekolah dasar oleh Kemendikbud dinilai bakal meluas. Salah satunya adalah nasib para guru bahasa Inggris.

"Terus kami mau kerja apa (kalau pelajaran bahasa Inggris dihapus)? Masa nganggur," ujar Novi, guru bahasa Inggris SD Negeri Meruya Selatan 02 Petang, saat dihubungi, Kamis (18/10).

Karenanya, Novi mempertanyakan nasib para guru bila pemerintah bener-benar merealisasikan rencana penghapusan mata pelajaran bahasanya Negeri Ratu Elizabeth di tingkat SD. (baca: Penghapusan Bahasa Inggris, Langkah Mundur Pendidikan Indonesia).

"Makanya, saya berharap pemerintah tidak jadi merealisasikan rencananya," harap Novi.

Lebih lanjut Novi mengklaim peserta didiknya begitu antusias menerima pelajaran bahasa Inggris. Sebab, metode yang diajarkan tidak monoton seperti mata pelajaran lainya. Biasanya, kata Novi, ia mengemas pelajaran tadi dengan sambil bernyanyi, bermain, atau mengajarkan lewat sebuah lukisan dan gambar.

"Wah sangat senang mereka setiap saya tanya. Malah, mereka menganggap pelajaran yang gampang dan menyenangkan," kata Novi seraya menilai pelajaran bahasa Inggris sangat penting di era globlisasi sekaligus bekal anak untuk bersaing di masa mendatang.

Sumber:
http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/10/18/mc3enp-jika-pelajarannya-dihapus-guru-bahasa-inggris-kerja-apa

Bahasa Inggris Dihapus, Lembaga Pendidikan Senang, Kok Bisa ??!!


REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana meniadakan mata pelajaran Bahasa Inggris untuk kurikulum Sekolah Dasar (SD). Rencana itu  disambut baik oleh para pengelola dan staf di tempat kursus Bahasa Inggris, meski mereka mengatakan langkah itu tidaklah tepat.

Salah satunya adalah Lembaga Pendidikan Indonesia Amerika (LPIA) di Jalan Margonda, Depok. Menurut kordinator Bahasa Inggris LPIA, Putu Widiasastra, penghapusan pelajaran Bahasa Inggris memang tidak tepat karena anak-anak perlu mempelajari bahasa dunia ini sejak dini. Selain itu, Bahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan bagi siswa, bahkan untuk siswa sekolah dasar.

"Sebagai pengajar, penghapusan Bahasa Inggris untuk siswa SD itu disayangkan," ungkapnya.

Meskipun begitu, ia juga mengaku menyambut dengan baik apabila wacana tersebut memang dilaksanakan. Pasalnya, jika wacana tersebut memang dilaksanakan, maka akan mempengaruhi jumlah siswa yang mendaftar di lembaga tersebut yang dinilai akan semakin meningkat.

Sastra mengakui, dihapusnya mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar akan berdampak pada banyaknya siswa yang akan belajar di lembaga pendidikan Bahasa Inggris. Menuru dia itu dikarenakan orang tua siswa sudah menyadari pentingnya pembelajaran Bahasa Inggris sejak dini.

"Kalau sebagai pengajar di lembaga, saya menyambut dengan baik karena siswa yang mendaftar kemungkinan lebih banyak meskipun jumlahnya tidak akan drastis," kata Sastra.

Ia menambahkan pentingnya Bahasa Inggris bagi siswa untuk dipelajari karena pelajaran ini merupakan bahasa internasional. "Jika ingin maju, Bahasa Inggris penting untuk dipelajari," tambahnya. 

Sementara itu, Ryan, siswa kelas lima sekolah dasar, mengaku meskipun ia sudah mendapatkan pelajaran Bahasa Inggris di sekolahnya, ia juga masih mengikuti kursus privat Bahasa Inggris. "Saya juga belajar les bahasa Inggris di rumah, disuruh mama," katanya


Sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/berita-pendidikan/12/11/05/md0kkx-bahasa-inggris-dihapus-lembaga-pendidikan-senang-kok-bisa

Pengertian Statistik dan Statistika


Pengertian Statistik dan Statistika
Statistik adalah kesimpulan fakta berbentuk angka yang disusun dalam bentuk daftar atau tabel yang  menggambarkan suatu persoalan.  Statistik dipakai untuk menyatakan ukuran sebagai wakil kumpulan fakta mengenai suatu hal, misalnya nilai rata-rata siswa, rata-rata hasil penjualan, persentase keuntungan, ramalan hasil, dan sebagainya.
Untuk memperoleh sekumpulan informasi yang menjelaskan masalah untuk menarik kesimpulan yang benar tentu saja harus melalui beberapa proses, yaitu meliputi proses pengumpulan informasi, pengolahan informasi dan proses penarikan kesimpulan.  Semua ini memerlukan pengetahuan tersendiri yang disebut statistika.
Jadi, statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara cara pengumpulan data, pengolahan data, penganalisaan data, penarikan kesimpulan dan pembuatan keputusan yang cukup beralasan berdasarkan fakta yang ada.

Penggolongan statistik
Berdasarkan pengertian statistik secara garis besar, metode statistik digolongkan menjadi dua bagian, yaitu :
- Statistik deskriptif (statistik deduktif)
- Statistik inferensial (statistik induktif)
Statistik deskriptif  adalah statistik yang menggambarkan kegiatan berupa pengumpulan data, penyusunan data, pengolahan data, dan penyajian data dalam bentuk tabel, grafik, ataupun diagram agar memberikan gambaran yang teratur, ringkas dan jelas mengenai keadaan atau peristiwa.
Statistik deskriftif terdiri atas :
Pertama, Deskriptif frekuensi yaitu penyusunan data dari nilai terkecil sampai nilai terbesar yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
Kedua, Ukuran pemusatan yang terdiri atas rata-rata hitung, rata-rata letak, rata-rata harmonis dan rata-rata geometris, serta median dan modus.
Ketiga, Ukuran penyebaran yaitu terdiri atas rentangan (rank), simpangan rata-rata, varians dan simpangan baku.
Statistik Inferensial adalah statistik yang berhubungan dengan penarikan kesimpulan yang besifat umum dari data yang telah disusun dan diolah.

Fungsi Statistik
Menurut Budiyuwono (1987), fungsi-fungsi statistik dapat dijelaskan sebagai berikut :
Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu. Tanpa adanya statistik, data menjadi kabur dan tidak jelas.
Contoh :
Beberapa mahasiswa dari seratus mahasiswa yang menempuh ujian ekonomi dinyatakan lulus. Pernyataan tersebut tidak jelas, Agar menjadi jelas, pernyataan tersebut dapat diubah menjadi : Enam puluh orang mahasiswa dari seratus mahasiswa yang menempuh ujian ekonomi dinyatakan lulus.
Statistik dapat menyederhanakan data yang kompleks menjadi data yang mudah dimengerti. Data yang kompleks dapat disederhanakan dalam bentuk tabel, grafik maupun diagram atau dalam bentuk lain, seperti rata-rata, persentase atau koefisien-koefisien sehingga mudah dimengerti.
Statistik merupakan teknik untuk membuat perbandingan. Dengan menyederhanakan data dalam bentuk rata-rata ataupun persentase suatu kelompok dengan kelompok lainnya dapat dikelompokkan dengan mudah.
Statistik dapat memperluas pengalaman individual. Pengalaman individual sangat terbatas pada apa yang dilihat dan apa yang dapat diteliti, yang merupakan bagian kecil dari tata kehidupansosial seluruhnya. Pengetahuan individual dapat diperluas dengan cara mempelajari kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data penilaian lain.

Sumber : Buku Statistik oleh Drs. Subana, M.Pd;Drs. Moersetyo Rahadi;Sudrajat, S.Pd

Selamat Datang di Kota Martapura

Written By McDennie on Kamis, 19 Juni 2014 | 04.46






Selamat datang kami ucapkan

Kepada tuan dan handai taulan
Di kota kami, Martapura kabupaten banjar...
Rukun dan damai masyarakatnya
Iman dan ibadah diamalkannya
Serambi Mekah itu gelarnya di Martapura...
Banyak ragamnya hasil kerajinan
penduduknya
Dari batu aji sampai batu permata
Intan barlian, menghiasi kota kami
Dapatkan saja slalu tersedia...
Tentu anda tahu kakicak kalalapun
Itu kue enak makanan khas kami
Ada lagi nasi kabuli dan juga mageli
Pokoknya banyak hasil kerajinan
Tak semua disebutkan karena di dalam lagu
Mampir sajalah di Martapura...Selamat datang

Menepati omongan

"Berapa umurmu, Nasrudin?"
"Empat puluh tahun"
"Lho? dulu kau menyebut angka yang sama ketika menanyakan umurmu itu, dua tahun yang lalu?"
"Ya, aku memang selalu berusaha konsisten dengan apa yang pernah kukatakan".
"Oh, begitukah cara menepati omongan?".
"Masak kamu nggak tau?"
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2014. a special web for a special children - All Rights Reserved
Template Used by McDennie Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger